Review Film Cloud Atlas

Hi, sekarang gw mau ngereview sebuah film ciamik yang keluar pada bulan Oktober 2012. Gw sangat suka film. Tapi gw belum pernah ngereview satupun. Cloud Atlas ini akan gw review karena menurut gw, dari semu film yang pernah gw tonton, ini film yang gw banget. Film yang "akhirnya lu muncul juga..." (lebay tapi beneran).

Awalnya adalah gw melihat review-review beberapa akun twitter artis ternama indonesia tentang Cloud Atlas itu bagus. Akhirnya gw dan temen gw menonton. setelah keluar bioskop, gw dan temen gw yang biasanya langsung mengulas semuanya tentang yang baru ditonton, bingung mau ngulas darimana. Gw bingung mengungkapkannya lagi, tapi rasanya abis nonton film ini, ada sesuatu yang ditangkap oleh perasaan tapi tidak dengan logika (ehm, sorry melankolis dikit). Akhirnya gw mengeluarkan secarik kertas dan ballpoint untuk memetakan semua filmnya (dasar anak teknik).




Film ini ngasih suprise berkali-kali ke gw. pertama, gw kira dalam film ini nggak ada artis ternamanya, ternyata ada yaitu Tom Hanks dan Halle Berry yang pertama dikenali. Eh, ternyata banyak banget aktor favorit gw masuk di sini, si ganteng Hugh Grant, Hugo Weaving, Ben Wishaw, Jim Broadbent, Jim Sturgess, dll. Tapi tentu aja gw mengetahui mereka semua ada di film ini dengan cara dicicil, alias menerka-nerka karena make up artisnya bagus banget. so lanjut cerita....

Jadi Cloud Atlas ini bercerita tentang bagaimana kehidupan sesorang berpengaruh terhadap kehidupan lainnya. baik langsung ataupun tidak. setidaknya itu yang gw tangkap pertama kali. Dengan berbekal menonton 2 kali, begini ulasannya. Jadi di film ini ada 6 plot berbeda zaman. zaman pertama adalah sekitar tahun 1840 an, plot kedua ke tahun 1930an, plot ke 3 ke tahun 1972, plot ke 4 di tahun 2012, plot ke 5 di tahun 2144, dan plot ke 6 di tahun 2232 (kalau ga salah hitung).

Plot 1: (1840) berkisah tentang seorang pengacara bernama Mr. Ewing (Jim Sturgess) yang pergi berlayar melewati samudra pacific meumpang di kapal Captain Molineux (Jim Broadbent). Mr. Ewing juga memiliki kenalan seorang dokter bernama Dr. Henry Goose yang diperankan oleh Tom Hanks dan seorang budak kulit hitam bernama Autua yang diperankan oleh David Gyasi. inti dari plot pertama ini adalah bahwa bagaimana seseorang yang dianggap musuh ternyata merupakan sahabat yang sangat setia, dan yang bermanis muka di depan kita, ternyata malah musuh sebenarnya. Mr. Ewing membuat buku tentang perjalanannya itu.

Plot 2: (1930) Tentang seorang pemuda Inggris yang bercita-cita menjadi seorang komposer terkenal. Pemuda ini bernama Robert Frobisher yang diperankan oleh Ben Wishaw. Robert Frobisher memiliki seorang kekasih bernama Rufus Sixsmith (James D'Arcy) yang dimana seorang lelaki juga. Robert Frobisher pergi ke Belgia, ke seorang musisi terkenal yaitu Vyvyan Ayrs yang diperankan oleh Jim Broadbent untuk berguru dan menciptakan sebuah karya besar. Robert Frobisher selalu menceritakan kisahnya di rumah Vyvyan pada Sixsmith melalui surat-surat. inti dari plot ini adalah bagaimana Robert Frobisher keluar dari kekangan Vyvyan Ayrs yang menguasainya.

Plot 3: (1972) Tokoh dari plot ke 2 masih bersambung ke plot ini yaitu Sixsmith yang sudah tua. Jadi di plot ini ada seorang jurnalis bernama Luisa Rey (Halle Berry) yang akan menguak kemamanan suatu rahasia sebuah perusahaan nuklir. Perjalanannya menemukan seseorang yang "sama" dengan dirinya hingga berpacu dengan seorang pembunuh bayaran merupakan inti dalam plot ini. Bagaimana Luisa Rey dapat menguak kebenaran yang sebenarnya terjadi.

Plot 4: (2012) Plot ini adalah bercerita di masa sekarang. Berkisah tentang seorang penerbit buku Timothy Cavendish yang terjebak di dalam sebuah rumah panti jompo atau disebut juga rumah pengasingan karena tidak bolah ada yang keluar dari rumah tersebut. Layaknya sebuah penjara. Inti dari plot ini adalah bagaimana Cavendish bersatu padu dengan teman-temannya untuk keluar dari rumah tersebut.

Plot 5: (2144) Berkisah di zaman yang sudah sangat maju dimana terdapat sebuah fabricant atau tempat memproduksi pelayan-pelayan restoran. salah satu pelayan tersebut adalah Sonmi 451 yang diperankan oleh Donna Bae. Kisahnya di sini adalah berjuang meraih kebebasan sebagai makhluk hidup.

Plot 6: (2232) Berkisah di zaman dimana peradaban kembali ke zaman nomaden. Yup, mungkin semacam zaman Apocalypse atau kanibalisme, dll. Zaman dimana peradaban punah. Namun selain budaya nomaden tersebut, ada juga peradaban sisa-sisa peradaban modern dahulu. di sini sikisahkan seorang pria bernama Zachry (Tom Hanks) yang bertemu seorang dari yang bukan ras nya yaitu Meronym (Halle Berry) dari peradaban sisa-sisa modern. Mereka berdua berjuang mencari peradaban yang stabil untuk dapat ditempati manusia selanjutnya. Selain itu Zachry di sini sedang dirundung bisikan-biskian iblis Old Georgie (Hugo Weaving) yang mengganggu pikirannya.


Analisis:
1. Hubungan yang mengkaitkan antara 1 plot dan lainnya adalah: 1-jurnal perjalanan Mr. Ewing-2-Surat2 dari Robert Frobisher ke Sixsmith-3- Buku publikasi Luisa Rey-4- Film Garapan Timothy Cavendish-5-Rekaman Sonmi 451-6.

2. Percaya atau tidak, tiap aktor dan aktris ternama ini selalu hadir di tiap plot. baik figuran ataupun tokoh pembantu. gw juga ga nyangka Halle Berry bisa jadi kakek2 kulit putih, terus Donna Bae jadi perempuan keturunan barat. Pokoknya semuanya hadir di tiap plot.

3. Tom Hanks sendiri memerankan karakternya dari plot 1 hingga plot 6 dengan suatu pola atau perubahan. Dimana seseorang yang asalnya penjahat berusahan menjadi pribadi yang baik dan menjadi pahlawan. di plot pertama Tom Hanks menjadi Dr. Henry Goose yang serakah dan licik juga meracuni tubuh Mr. Ewing. Plot 2 Tom Hanks menjadi penjaga hostel yang masih serakah. plot ke 3 Tom Hanks menjadi seseorang yang mencari-cari dukungan akan kebenaran yang ia perjuangkan. plot ke 4 dan 5 Tom Hanks menjadi sebuah karakter dalam film yang memperjuangkan hak asasi manusia. di plot ke 6 Tom Hanks menjadi pahlawan bagi ras nya dan ras Meronym, bersatu padu membangun peradaban manusia.

4. setiap tokoh utama di tiap plot memiliki tanda lahir yang sama, bahkan Sonmi 451 yang berasal dari fabricant pun memiliki tanda tersebut di lehernya. Di sini Cloud Atlas ingin menggambarkan sebuah jiwa yang berulang kali hidup untuk terus memperbaiki/memperjuangkan kebenaran yang ada meski dalam tubuh/raga yang berbeda.


5. Di setiap plot tokoh-tokohnya memiliki pola karakter yang sama. maksudnya adalah di tiap plot selalu ada sifat2 ini: cinta, keinginan / keserakahan / kebodohan, pelindung, kesadaran. Di plot 1, doketrnya adalah si serakah, si Budak adalah sang pelindung atau kesadaran (sadar kebenaran ada dimana), ayah mertua Mr. Ewing adalah si Bodoh yang menangkis kebenaran yang ada. Di plot 2,
si bodoh dan serakah adalah si komposer ternama Vyvyan, karya Cloud Atlas Sextet adalah keinginan atau delusion, kekasihnya adalah pelindung/cinta nya. plot 3, si bodoh adalah si pembunuh bayaran, si serakah adalah CEO perusahaan nuklir tsb, yang menyadarkannya adalah anak kecil tetangganya, cintanya adalah mantan kekasihnya, dan pelindungnya adalah kepala keamanan perusahaan tersebut. dan begitu pula di plot 4, 5, dan 6. Kalian pasti penasaran kan, coba deh pecahkan sendiri siapa yang jadi siapa. semuanya memiliki pola.

6. Adegan Dr. Henry Goose mengambil kancing dan memasukkannya ke dalam tas kecilnya di plot 1, terulang kembali oleh Zachry yang memasukan kancing tersebut ke dalam tas kecilnya di plot 6. dan semuanya diperankan oleh Tom Hanks (baik Dr. Henry Goose maupun Zachry). (kancing tersebut masih saya cari-cari lagi di plot2 lainnya)

7. Di setiap plot pasti ada karakter yang memiliki suatu tatto di wajahnya.

8. Tanda lahir yang berbentuk komet, dari plot pertama hingga ke 6 terlihat seperti menjauhi bumi atau mendekati kepala.

Dan masih banyak lagi rahasia-rahasia yang ada di film ini. Cloud Atlas nggak menang Oscar, karena menurut gw ini film seni banget, bukan buat meng entertein keinginan kebanyakan pasar. Film ini menurut gw semacam lukisan monalisa, semakin di liat, semakin banyak rahasia-rahasia di dalamnya yang terkuak. Bagi yang penasaran silahkan nonton, setidaknya anda udah tau sinopsisnya. Biar pas nonton, ketemu lagi rahasia yang lainnya. share juga ya :)



PS: soundtrack film ini keren semua. bukan lebay, tapi gw terharu dengernya. (jiwa seni turun temurun masih ada. hha)

Comments

Post a Comment