Character Building Atlet Prima di Markas Kopassus Batujajar (Part 3)

Maaf, gw nulisnya pake part. Karena memang kejadian-kejadian di Batujajar itu susah dilupain, hehe. Di sana itu udah lupa tanggal dan hari. Ada teman gw yang mulai menghitung hari-hari di sana pakai turus di buku sakunya, dan berkeluh kesah disana. Lucu banget. Kita di sana memang bener-bener terisolasi. Pokonya kontak dari dunia luar itu ga ada. Gw aja tau berita alm Aji Masaid meninggal dunia baru tau hari minggu sewaktu pesiar, padahal berita tersebut sudah ada dari hari jumat. Sangat terisolir. Tapi kami diberi pesiar. Pesiar itu waktu bebas bagi kami untuk keluar dari Markas Kopassus Batujajar. Pesiar hanya diberikan di hari Minggu. Jadi selama Pelatihan ini kami hanya boleh bebas 2 kali. Walaupun bebas, masih banyak aturan-aturan yang harus ditaati. Kita tetap harus pakai seragam lengkap dari kopel sampai sepatu pdl, jangkauan terjauh di luar markas Kopassus hanya sampai pasar (sekitar 100 sampai150 meter mungkin) kurang tau juga, dilarang berkeliaran di dalam markas Kopassus sendiri-sendiri (harus berkelompok dan berjalan ala standar militer) kalau sudah keluar markas baru boleh pisah-pisah, diperbolehkan memegang HP, yang tidak keluar markas dilarang berkeliaran (alias diem di barak aja), dan waktu pesiar hanya 2 jam! wew, dari jam 5 sore sampai jam 7 malam. semua sudah di barak jam 7 tepat, bagi yang terlambat ya siap-siap dihukum aja. Waktu itu kadang-kadang setengah jam saja sangat berarti bagi kita, karena perjalan dari gerbang Kopassus ke barak saja sudah memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit.

Bagi gw, pesiar itu adalah surga. kenapa? karena gw tidak harus meng-siap sediakan diri dengar peluit tiba-tiba, bangun tidur tiba2 sambil kaget atau harus gorejat show pas lagi di kamar mandi. Paling nyebelin tuh kalau pas lagi mandi, tiba-tiba seluruh orang di barak gw teriak-teriak buru-buru gitu. gw yg di dalam kamar mandi apapun kondisinya harus langsung keluar dengan baju lengkap dan bat bit bet ini itu. erghhh, kesel banget. beresin ember sesuai aturan dulu lah, baju kotor yang susah dilipet dijejel2in ke koper lah biar ga keliatan, pake sepatu yang keras bangetlah sampai butuh waktu 15 menitan, dll. erghh. Di sana kuping kita jadi sensitif terhadap suara-suara atau perintah-perintah yang diteriakkan. Pernah suatu kali temen gw neriakkin kalau seragam untuk makan malem itu yang loreng. Dia teriak, lalu di sambut yang lain dengan teriak juga dengan tujuan agar semua orang di dalam barak tau. Tapi bagi gw dan beberapa orang yang lagi di kamar mandi, teriakkan itu samar-samar. Jadi yang ada di pikiran kita, terakkan kayak gitu tuh teriakkan persiapan atau sidak. erghh... pas denger itu gw bat bit bet di kamar mandi, sendal jepit masuk ke kloset lah, sikat gigi juga nyusul ke kloset, anduk udah basah gara-gara jatoh ke lantai terus, dll. berantakan deh. lalu gw keluar dengan wajah tegang sambil bawa ember tergopoh-gopoh. dikuti temen gw yg lainnya yang gayanya ga beda jauh sama gw. ternyata temen-temen gw yg di barak masih santai nyemir sepatu mereka. erghhh, memang bukan salah mereka sih. kuping kita aja yang terlalu sensitif. Gw mulai stress dengan kehidupan di sana. arghhh..... pernah suatu kali juga karena kejadian gw itu dianggap lucu, temen gw ngejailin anak-anak yang ada di kamar mandi. dia bilang "woi, cepet woii, persiapaan!!". sontak yang di kamar mandi yang tadi asalnya kedengaran sepi, jadi rame banget jebar jebur, ember kelempar, dan segala rupa. pas mereka yang di kamar mandi keluar, ternyata kita-kita yang di barak masih lagi santai. Di sanalah kita tau kalau hal jahil kayak gitu adalah HARAM. si temen gw yang jail itu mulai diceramahi, dimarahi, dll deh. pokonya jadi pada kesel. haha. makannya ke sananya, selain teriakkan persiapan, pengumuman apapun harus diucapkan secara lembut atau dengan tenang, tidak seheboh teriakkan persiapan.



Kembali ke pesiar. Pesiar pertama gw gunakan untuk tidur full selama 2 jam. hahaha. saat itu adalah saat ternyaman dalam seminggu pertama di sana. ya, tidur gw nyenyak bangeeeet. duhh, pokonya nikmat deh. apalagi waktu itu hujan, jadi kerasa banget sejuknya Batujajar. kasian juga sih sama temen-temen lain yang ke luar markas. Saatnya jalan-jalan malah hujan. Tapi pokonya waktu itu, pesiar gw gunakan untuk tidur full. dari jam 5 setelah di bubarkan, ambil HP yang dibagikan, menuju kasur, taruh tas dan topi di lemari, langsung blep! tidur. Bahkan gw ga lepas kopel sama sepatu pdl. Biarkanlah apa adanya, gw udah capek banget. Jam 7 pas gw terbangun. rasanya seger banget. derap pdl siswa lain yang pulang dari pesiar mulai terdengar. begitu juga dengan temen-temen sebarak gw. ada yang cerita akhirnya dia bisa ngerasain baso lagi, ada ynag cerita nyari-nyari mie ayam, indomie, dll. kebanyakan yang mereka cari itu makanan. karena tentu aja makanan sehari-hari kita monoton banget. paling cuma ayam, rendang, sop, tumis, tempe. gitu aja terus diulang-ulang. Tapi untung kita atlet. nutrisinya bener-bener diperhatiin. soalnya katanya, kalau pelatihan pelatihan lain (yang bukan untuk atlet prima seagames) makanannya lebih monoton lagi, dan porsinya pun di samaratakan, porsi tentara. eugh, itu ngebayangin gimana makan segunung dalam 3 menit. karena kita atlet, pasti ada beberapa cabor yang harus jaga berat badannya. Kayak cabor tinju, bela diri, dll. Karena itulah kita ngambilnya boleh sesuai porsi masing-masing.

setelah pesiar, kita ada materi di aula, selanjutnya menghabiskan waktu (kayak dihukum keliling lapangan,  baris, dsb), baru deh apel malam dan tidur. ya rata-rata kita masuk barak buat tidur tuh jam 11 malem sampai jam 12an. paling cepet ya jam 11 itu. Di sana itu kalau mereka ngasih 1 permintaan, gw bakal minta 1 jam bebas/hari. sejaaam aja. soalnya kegiatan di sana tuh padet banget deh. kalau diitung-itung waktu yang dikasih para pelatih buat melakukan kegiatan privacy atau kegiatan rakyat sipil lainnya  cuma sedikit. pertama itu jam 5 sampai set 6 pagi. itu dikasih waktu buat solat, mandi, beresin barak sesuai aturan, pakai seragam lengkap. setengah jam doang. dan kadang-kadang jam 5.10 kita baru beres senam pagi, atau jam 5.20 kita udah harus kumpul karena kita lelet barisnya. cukupkah? enggak. jadi kalau mau santai ya mandi, beresin barak, dllnya sebelum senam pagi. ya jam 3 an lah kalau mau santai. dari jam set 6 sampai jam 12 teng, diisi dengan kegiatan. full. ga pernah masuk barak lagi. makannya barak sebelum ditinggalkan harus selalu rapih, takut ada sidak. kadang-kadang ada suatu waktu kita di suruh balik ke barak untuk ganti seragam atau ambil sesuatu yang diperintahkan pelatih. diberi waktu paling cuma 10 menit. makannya kita selalu berlarian kalau sudah di dalam barak. dalam 10 menit, ada yang cuci muka, sikat gigi, karna belum mandi, ada yang nekat mandi malah pernah. ada juga yang ngelanjutin rapi-rapi baraknya. haha. pokonya nyuri-nyuri deh. yang lucu, termasuk gw, hhe, kita setelah semua yg diperintahkan disiapkan, misalnya masih ada sisa waktu 5 menit, kita pakai buat tidur sebentar. tidurnya bukan di atas kasur soalnya takut kasurnya berantakan lagi. ya paling nggak tidur di ujung kasurnya ngeringkuk. gw sih tidur di ubin aja udah, ambil tas buat bantal dan bilang "kalau udah mau berangkat bangunin ya!" tidurlah gw.


Waktu privacy selanjutnya itu ada di break dhuhur 15 menit (tergantung kegiatan), lalu break asar 15 menit, lalu break magrib setengah jam dari jam 6 sampai set 7 malam. Selama kegiatan seharian penuh, break untuk solat biasanya digunakan untuk istirahat sekejap. Bagi perempuan diperbolehkan ke barak untuk solat, tapi bagi laki-laki harus di mesjid dan tidak boleh kembali ke barak. ribet deh. saat break ibadah, selain yang beragama islam pun diwajibkan beribadah sesuai agamanya masing-masing dipimpin oleh pelatih beragama bersangkutan. Yang paling santai adalah bagi wanita yang sedang berhalangan. ga disuruh ngapa-ngapain. untuk break magrib adalah break yang paling lama. lumayan lah. bisa mandi agak lama sedikit. tapi tetap waspada sama peluit persiapan tentunya. untuk cuci baju (harus cuci baju karena baju dipakai berkali - kali apalagi kalau abis lumpur-lumpuran) bagi yang nyucinya lihai, bisa nyuci pas istirahat magrib tersebut. bagi yang nggak kyk gw, ya apa daya, waktu tidur malam gw kepotong sedikit lah. hehe.

Sepatu pun harus selalu mengkilap (ini aturan wajib yang ngeselin) tapi bisa ngeles. hehe. kalau ketauan ga mengkilap, bilang aja "sudah saya semir pelatih semaleman! tapi ga mengkilap-mengkilap! mungkin pa pelatih punya cara biar mengkilap?!" sok sok an nanya. karena emang ada caranya biar mengkilap, ga asal semir. bilang aja belum tau. haha. Biasanya menyemir sampai mengkilap itu butuh waktu agak lama. munkin sekitar setengah jam tanpa dibarengi kegiatan lain, 1 jam sambil ngobrol-ngobrol dan lainnya. kebanyakan siswa menyemir sepatu itu sebelum tidur sambil ngantuk-ngantuk di samping kasur.

Lalu ada juga jadwal piket barak. untuk piket, 1 barak 1 orang tiap jam. jadi di barak wanita itu ada sub barak lagi. kalau ga salah ada 6 atau 7 barak. 1 sub barak 16 orang. jadwal piket dimulai jam 11 sampai jam 4. dan gantian tiap jam. jadi ada yang piket dari jam 11 sampai 12 malam, jam 12 malam sampai jam 1, jam 1 sampai jam 2, begitu selanjutnya sampai jam 4. bergiliran tiap harinya. pertama gw bingung. buat apa ada piket, toh pa pelatih selalu siaga di barak pelatih. ga akan ada yang ngapa-ngapain juga. alesannya sih gini, "nanti kalau temen kamu ada yang tiba-tiba sakir parahnya kambuh, atau tidur sambil jalan keluar barak tanpa sepengetahuan kami, kan bahaya to ndo'!", o gitu to pa. masuk akal sih. Kejadian juga, pas gw piket, ada temen gw yang maghnya tiba-tiba kambuh malem-malem, gw bopong ke barak pelatih deh buat diobatin. Piket juga ga boleh di dalem barak. tapi harus di lorongnya. jadi pas piket di lorong tuh ada 6 atau 7 orang yang piket juga. hari-hari pertama piket kita bikin asyik dengan saling ngobrol, nyemir sepatu bareng-bareng, ngelap-ngelap helmet, bahkan foto-foto pake kamera digital yang diselundupkan. Makin kesini, kita piket itu sambil bawa selimut dari dalem, lalu tidur dengan posisi duduk di kursi piket yang telah disediakan. ya 1 jam tidur di luar gapapa lah. Alhamdulillah selama gw piket gw ga ngeliat yang macem-macem dan nggak di sidak sama pelatih yang patroli dari luar juga. soalnya kalau di barak cowo katanya ada yang ngeliat 'something' gitu deh).

Dengan ketat dan dasyatnya jadwal di sini, kira-kira ada ga ya yang nekat kabur. ternyata di gelombang 6 ini ada atlet yang di gelombang sebelumnya mencoba kabur, sehingga harus ulang lagi di gelombang ini. ga tau juga deh gw ceritanya dia bisa kabur dari markas Kopassus. ck ck ck ....


Kegiatan selama di sana di minggu-minggu awal banyak. seperti baris berbaris oleh pa Haryono. Baris - bebaris itu materi yang paling sering dilakukan plus di luar ruangan. gw juga baru ngerasain deh yang namanya kulit mati kebakar. ga pernah deh selama latihan softball sampai segitunya. panaaassss. lalu ada juga materi-materi yang diberikan di dalam aula. Aula itu seperti ruang serba guna gitu yang luas banget. Nah, di aula itu kata temen - temen gw sih saat yang tepat untuk tidur. bener! kan di sana kita duduk kayak di kondangan sambil dengerin materi yang di depan. ya bisa curi curi tidur sedikit kalau ga ketauan mah. Kalau boring sama materi yang diberikan pelatih, gw suka ngeliatin orang-orang pada ngapain. ada yang ngejailin temen depannya, ada yang chatting via buku saku (jadi bukunya di oper-oper gitu), ada yang ngegambar di buku, ada yang main jempol, suit, kipas-kipas(karena di sana pengap banget), ada yang bolak-balik ke kamar mandi terus biar adem, macem-macem lah. gw jadi mikir, gini toh kegiatan manusia kalau Teknologi belum tercipta. Yang ngasih materi disana kebanyakan pelatih-pelatih yang pangkatnya udah agak tinggi. kayak pa Wahyu 'Obama', terus pa Richard sebagai Danlat atlet prima disana (danlat : komandan latihan, atau ketua seluruh pelatih disana), Pa Basuki, dll. Banyak deh pokonya. yang nggak hoki kalau yang ngasih materinya suka jalan-jalan sampai ke belakang. susah tidurnya. atau kalau nggak, setiap kegiatan kita selalu didokumentasiin. pakai kamera dan video. ya kalau lagi ga hoki, pelatih bagian dokumentasi akan menyorot atau memotret foto tidur aneh kita, bukannya malah ngebangunin yak. ck ck ck. jail-jail deh pokonya. tanpa ampun.





Selama kegiatan di sana, walau kita di tekan terus sampai limit kemampuan kita, para pelatih selalu evaluasi dan hati-hati dalam memberikan kegiatan atau materi. karena yang paling dikhawatirkan adalah atlet bisa cedera akibat kegiatan ini. tentu saja bukan itu yang diinginkan mereka. selama di sana ternyata ada beberapa yang mulai bertumbangan. kalau di softball banyak yang sakit dengkulnya kambuh. Kalau gw sih pas di batujajarnya nggak cedera apa-apa. tapi pas di situ lembang, karena dingin, dengkul gw nyut-nyutan banget. jalan yang pake neken dengkul banget ga bisa, dari jongkok ke berdiri atau sebaliknya aja ga bisa. pernah pas di situ lembang, "pa dengkul saya linu banget pa. memang kambuhan kalau cuaca dingin", itu sekali-kalinya gw minta skip 1 gerakan."ah kamu nih, lemah banget, ayo dong! yaudah kamu berdiri aja", erghh males banget deh. dan selanjutnya gw melakukan seluruh kegiatan dengan gerakan pincang. walaupun terkesan berat dan menakutkan, para pelatih di sana sudah memikirkan semua kemungkinan yang akan terjadi. jadi tenang aja.

segitu dulu paling. untuk kegiatan keren lainnya dan kejadian-kejadian seru di situ lembang, di part 4 aja ya, maaf jadi banyak part..... :D

Comments