Character Building Atlet Prima di Markas Kopassus Batujajar (Part 1)

Sebenernya ini udah dari dulu banget pengen gw post, tapi karena 1 dan lain hal baru terealisasikan sekarang. ini memang pengalaman yang ga akan dilupakan seumur hidup. Mulai aja ya. Ini cerita perjalanan gw di markas Kopassus Batujajar. Jadi untuk persiapan Seagames 2011 kita seluruh atlet indonesia diwajibkan mengikuti character building di Markas Kopassus Batujajar Bandung. Beginilah cerita detailnya yg gw inget.

Bulan Januari 2011 gw dan satu tim softball Indonesia mendengar berita bahwa akan ada pelatihan di markas kopassus batujajar. Semua pada nggak punya gambaran tentang pelatihan di sana. dari spoiler-spoiler yang kami dengar katanya sih katanya harus potong pendek lah, ga boleh pake hp selama 2 minggu lah, fisik berat lah, dan hal-hal mengerikan lainnya. Menurutku saat itu sih pelatihan ini bakal keren-keren aja. Tapi setelah mendengar cerita-cerita atlet gelombang sebelumnya serem juga. hiiii... Disuruh jalan di hutan tengah malem sendirian, nyebur ke danau yang dingin malem-malem, dll. oow...

Berangkatlah kita atlet prima gelombang 6 ke batujajar tanggal 24 Januari 2011. Kita berangkat dari jakarta sekitar pukul 7 pagi. Total atlet yang ikut pada gelombang tersebut sekitar 200 an. Kita berangkat dengan menggunakan bis. Lupa jumlah bisnya. pokonya tim softball kebagian bis Koni. ya lumayan lah ekslusif. haha. Sewaktu memasuki daerah Batujajar sudah terasa kesan Militernya. Hatiku makin dag dig dug, mau diapain kita disana.hohh. Tiba -tiba ada plang besar dengan tulisan "ANDA RAGU - RAGU KEMBALI SEKARANG JUGA". Duh, disuruh kembali ni guys, kalian ragu - ragu ga? sampai- sampai gw nanya ke pelatih "kita ga bisa ikut gelombang berikutnya aja ni coach? hhu". waktu itu gw makin deg-degan. Singkat kata sampai lah kita di markas besar Kopassus Batujajar. sambil bis cari lokasi untuk berhenti gw liat - liat rumah atau bangunan - bangunan di sana. bakal tidur dimana kita. yah setidaknya kita bisa liat sikon ntar jalan - jalan abis bis ini parkir, pikir gw.


Lalu bis pun mulai merapat dan parkir. Sebelum bis berhenti, tiba tiba dari luar, suara perintah untuk turun diteriakkan dengan keras lewat TOA seorang pelatih. "hoi2, cepet turun, CEPAT!!" sambil gedor-gedor bis. e buset, beneran nih? "CEPET TURUN!! DASAR KALIAN LELET!". Weleh, kita ketemu aja belom pa, udah maki-maki aja. 1 menit 2 menit kita diem di bis dulu ngeliat reaksi bis lain di belakang. ternyata mereka turun dengan tergesa-gesa sambil diteriakkin. "HEI, Bis yang di depan cepet Keluar SEMUA!!", wah kacau ni. "turun ga nih kita guys? tas gimana dibawa ga? barang2? pake sepatu apa sandal? celana jeans boleh?" dan pertanyaan-pertanyaan random mulai bermunculan dari seluruh tim. Lalu kita pun turun.

"CEPAT HEI KAMU YANG DISANA!!" ,selow pa, masih ada 2 minggu ke depan. Tapi ternyata 2 minggu kedepan memang nggak ada yang seselow saat turun dari bis.heuhh. Lalu kita dibariskan di dekat pintu masuk Kopassus. "Selamat datang dimarkas besar Kopassus Batujajar, mulai sekarang kalian akan dilatih dengan aturan yang ada di sini!!". ya okelah pa, lets go aja, tapi barang-barang kita belum diberesin pa, kumaha. "barang kalian tinggal saja di bis, sekarang kalian akan berjalan sejauh 21 KM dulu, bersiaplah!" wew!, masi jet leg ni pa. "Yang mau ke ke toilet, di belakang kalian ada kamar mandi. ayo cepat saya beri waktu!" kami semua yang berbaris saling berpandangan. berfikir mungkin mau ambil sabun dulu di bis, ganti baju dulu biar nyaman, ganti training, mau bab apa nggak, dan sebagainya. "CEPAATT!!" tanpa babibu beberapa dari kami langsung berhamburan ke gedung di belakang. "cepat! saya hitung! 10!..9!..8!.." hah!! mana smepet pa 10 detik?!. dalam hati gw bergumam, untung gw ga ikut ke toilet, yang di dalem pasti shock. Ada yang lagi berlari ke toilet langsung puter balik lagi masuk ke dalam barisan, ada yang masih bimbang sambil lari-lari kecil, ada yang gedar-gedor kamar mandi. Akhirnya sampailah pada hitungan 1. dari seluruh peserta yang keluar dari gedung tersebut mungkin hanya 20 persen yang berhasil buang air kecil. setelah semua kembali ke barisan, kami mulai berjalan ke luar gerbang. wah! bakal jauh nih. eh ternyata kita masuk lagi ke markas kopassus lewat gerbang yang lain. lho gimana sih ini.Lalu kita semua dihadapkan ke plang besar yang sudah tak asing lagi bagi gw, ya benar plang "ANDA RAGU-RAGU KEMBALI SEKARANG JUGA". oke2 pa, kita udah ga ragu sekarang, yang saya ragu, jalan pulang ke jakarta saya ga apal. ahaha. Lalu kita semua disuruh mengucapkan kalimat tersebut dengan lantang. "Anda ragu-ragu kembali sekarang juga!!" "KURANG SEMANGAT! mana nih semangat atlet indonesia, Ko loyo!! ULANGI!", -__-" menurut lo pa? eughh. Akhirnya kita ulangi kata-kata tersebut dengan lebih lantang. "ANDA RAGU-RAGU KEMBALI SEKARANG JUGA" tiba-tiba "DUAARR!!!" sebagian dari kami loncat di tempat mendengar meriam tersebut. ada yang nyebut, ada yang komat kamit, ada yang niup2 tangan trus di ke kupingin, dan sebagainya. Meriam tersebut memang sudah dipersiapkan untuk kita. wow meriah juga nih.


Itulah ucapan selamat datang di Kopassus Batujajar. dasyat dan kereenn. Setelah itu kita diajak berkeliling kompleks markas. melihat demo sniper, titian tali, running, atraksi penyergapan teroris, granat, meriam, merpati putih, dan semuanya. keren-keren deh pokonya. Bravo Kopassus Indonesia!! btw kita berkeliling markas tu bukan naik bis loh. jogging men, jogging!!. yang ketauan jalan ya di sabet-sabet disuruh cepet (ga kenceng tapi.disabetnya pake rumput2 gitu deh. ga ngerti juga). kalau ada yang sakit boleh izin juga ko. dipisahkan dari barisan dan jalan sama pelatih2 yang lain. Ga kerasa kita udah berjogging-jogging ria selama 2 jam lebih. pertanyaan demi pertanyaan mulai muncul. tas kita gimana?, makan siang kapan?, kita tidur dimana?, kita ga dikasih waktu solat?. akhirnya kita semua dikumpulkan di lapangan besar yang nantinya diketahui bernama Lapangan Hitam. ga tau ko namanya bisa lapangan hitam.ya seperti itulah. Lalu kita disuruh masuk kesuatu gedung dan mengambil alat makan yang sudah disediakan di atas kasur. alat makan tersebut hanya mug besi, sendok, dan garpu. tas dan koper-koper kami masih di dalam bis belum tersentuh. "tas kalian, kalian ambil nanti. sekarang kalian akan makan siang terlebih dahulu" yeahh!! laper nih dari tadi lari-lari.

Kami di suruh berjalan dengan berbaris ke arah ruang makan. tentunya sambil bernyanyi. karena bingung nyanyi apa, kita nyanyi yang kita hapal aja. halo-halo Bandung, Garuda Panca Sila, dan lagu patriot lainnya. Ruang makan di sana berbentuk seperti ruang terbuka yang luas sekali dengan teras yang besar pula. di dalamnya terjejer meja-meja dan kursi-kursi yang telah ada. di dinding2 tiang juga terdapat lukis atau potret gambar tentara, kopassus yang sedang beraksi. keren-keren. lalu ada juga lambang atau simbol Kopassus terpasang besar di sudut utama ruangan. Ruang makan tersebut memang ruang khusus untuk makan seluruh tentara di markas Kopassus. jadi memang luas sekali. aturan masuk ruangan tersebut, pertama kita mengisi air dari tong di muka ruangan ke dalam mug kita. setelah itu melangkah ke dalam dan mengucapkan 'patriot!' sambil menghadap lambang besar Kopassus. harus selalu begitu. awal-awal masih aga aneh mengucapkan patriot dengan lantang di sana. Aneh gimana gitu. tapi makin ke sana sih makin biasa. kadang-kadang sampai ada yang pa keras-keras. hahaha
 Sistem makan di sana adalah prasmanan. makanan yang disediakan siang itu enak-enak dan menggiurkan. mungkin karena sedang lapar. gw dan yang lainnya ngambil makanan sebanyak yang kita bisa ke omprengan yang disediakan untuk makan. penuhi nafsu. hahaha. lalu kami cari tempat duduk masing-masing. setelah ambil makanan, kita dilarang makan duluan, bahkan duduk duluan pun dilarang sebelum semua atlet sudah ambil makanan. so, nunggulah gw sambil berdiri. di meja gw ada atlet dari cabang lain. jadi kita saling kenalan, ngobrol-ngobrol ringan. soalnya temen meja makan ga boleh rubah sampai character building ini berakhir. biar ga pusing cari meja lagi ntar. soalnya di sini harus serba cepat. setelah semuanya berdiri di samping kursi masing-masing, eh ada masalah baru "ini ada ynag belum dapet lauk. kalian gimanasih! masa ga solider sama teman!!?" dengan logat jawanya pelatih yang nanti dikenal sebagai Pa Haryono itu berteriak keras. akhirnya yang asalnya acara berdiri sambil ngobrol-ngobrol jadi acara berdiri sambil bagi-bagi makanan. hahaha


Setelah semuanya kebagian makanan. kita dipersilahkan duduk. dudukpun harus serempak kalau nggak, ga dimulai-mulai makannya. sampai ngulang mungkin 7 kali lebih deh waktu itu. setelah berhasil duduk, kita harus duduk tegak dulu lah, menghentakakkan kaki bareng2, dan sebagainya. sesi itu sampai harus ngulang cukup banyak juga gara-gara ga bareng2. setelah berhasil, kita berdoa bersama dan mengucapkan 'selamat makan!'. harus serempak juga."kalian diberi waktu 3 menit untuk makan!! yak waktu dimulai!!" WHAT! duh, harusnya gw ga ambil banyak-banyak tadi.mana rendang lagi, halahhh.... ada yang saling berpandangan, ada yang langsung lahap tanpa ampun, ada yang nyaku2in makanan dulu, ada yang malah berkeluh kesah pengen protes(protes apa dah,ckck.ga sempet neng), dan lain2. kalau gw, yang gw inget dari makan pertama di Kopassus adalah ternyata rasa rendang di campur semangka itu ga seenak yang gw kira. selanjutnya gw harus lebih jago nge mix and match makanan. mungkin bisa sop sama melon atau ayam sama bolu. tapi ternyata penyelamat gw selama disana adalah air putih. semua makanan cocok sama dia. hahahaha. mau nasi, gorengan, nasi goreng, roti, semuanya banjur air putih aja. biar tinggal lep.

Singkat kata, setelah makan kita kembali ke lapangan hitam. tentunya dengan berbaris dan bernyanyi. yang ga nyanyi disuruh jalan jongkok. fuhh... teriak-teriak deh. di lapangan hitam, kita dibagi kelompok. di gelombang 6 ini terdapat 3 kompi. kompi A, B , dan C. dalam 1 kompi dibagi lagi menjadi 5 pleton. aku masuk ke kompi A pleton 5, dengan pembina Pa Gabriel yang baik banget. Di lapangan hitam, setelah baris perkelompok dan menenteng tas dan koper masing-masing, kami di bagi kamar atau istilah militernya barak. gelombang 6 menggunakan 2 barak. barak untuk perempuan dan barak untuk laki-laki. kalau ga salah nama barak untuk perempuan itu barak satria, untuk yang laki-laki lupa. setelah baris per barak, kami masih saja belum dipersilahkan beristirahata. saat itu waktu menunjukkan pukul 5 sore dan cuaca sudah mendung berat. kami masih harus menunggu pembagian atribut yang akan digunakan 2 minggu kedepan. atribut yang kami dapatkan antara lain; seragam lorang lengkap atas bawah, sepatu berat pdl, kopel atau sabuk, tas pinggang plus buku lapangan dan bolpoin, peples atau tempat minum, topi rimba dan topi prima, berbagai kaos daleman seragam, kaos latihan merah putih, kaos senam(lengan pendek untuk cewe dan tanpa lengan untuk cowo), celana senam, handuk, ember, peralatan mandi, dll. pokonya kesana ga bawa apa-apa juga bisa hidup deh.

Setelah semuanya mendapat pembagian atribut, kami diajari cara memakai seragam, pasang tali sepatu pdl, dll. saat itu hujan mulai turun. kami di suruh menuju barak masing-masing dan diberi tahu bahwa setelah masuk barak acara belum bebas. para siswa (sebutan untuk peserta. mau atlet, pelatih ataupun official di sebut siswa) harus cukur rambut, foto pas foto, dan tes kesehatan setelah itu pakai seragam. selain itu kami juga diberitahu aturan-aturan dasar selama disana. tidak boleh berjalan sendiri dan harus selalu 1 kelompo. jika bunyi peluit 2 kali artinya persiapan dan peluit sekali artinya siswa sudah harus baris di depan barak masing2 untuk kegiata selanjutnya, dan yang terlambat dihukum. peraturan peluit yg pertama harus diiringi oleh teriakan "persiapaann!!" oleh siswa takutnya ada siswa lain yg sedang mandi atau tidak mendengar peluit pertama. nah pas peluit kedua baru semuanya harus berhambur keluar barak untuk berbaris. peraturan selanjutnya kita harus selalu bernyanyi ketika mobilitas kemana saja. wajib. harus selalu ada yang piket barak tiap malam. dan akan ada aturan-aturan selanjutnya yang mencengangkan.


Lanjut ke kegiatan malam itu. gw saat itu bingung mau ngapain dulu. mau cukur, gw pake kerudung, mau foto harus tunggu panggilan karena fotonya per pleton, tes kesehatan ngantri. yaudah akhirnya gw pakai seragam lengkap dulu. keren men! kita foto2 aja waktu itu. abis itu gw tes kesehatan. ternyata ada yg belum ganti seragam, munkin dia cukur dulu kali. botak gt. jam sudah menunjukkan pukul 7 tiba-tiba peluit berbunyi 2 kali. "priiittt!!...priiitt!!" kita yg di dalam barak saling berpandangan sambil teriak kecil "persiapaaann!" lalu tertawa karena aneh. hehe. lalu tiba-tiba barak kita digedor-gedor. "cepaaattt de, cepaaattt!!! lelet amat sihhh...!!" otomatis kita langsung kalang kabut. yang lagi di kamar mandi terdengar langsung gebyar gebyur, yang lagi nata lemari langsung masukkin asal bajunya, pokonya gorejat show deh. ga ngebayangin deh kalau lagi boker gimana. semoga gw ga akan ada di kondisi kyk gt selanjutnya. amiin. akhirnya 1 peluit panjang berbunyi "PRIIIITT!!". kita pun kumpul di depan barak masing-masing. cara berbaris pun nggak boleh langsung baris gt. tapi harus ada pemanggilan penjuru dan segala macem lah. dan kalau salah harus diulang sampai bisa. lalu kita berbarengan long march (short march mungkin) ke ruang makan yg tadi siang untuk makan malam. setelah dekat ruang makan pun kita tidak boleh langsung bubar barisan. harus ada ritual pembubarannya yang kalau salah harus diulang. ribet deh. akhirnya kita antri makan yang pasti sebelumnya teriak 'patriot' ke lambang Kopassus yg terpampang gagah di sana. setelah ambil makan gw liat temen semeja gw, beliau pelatih renang. apa dong, rambutnya belum beres dicukur. lucu banget. hahaha. tapi ya gimana lagi kata dia, udah keburu di peluit sih. dan yang aneh malem itu semua ambil porsi makan dikit-dikit banget. emang bener, gw cuma ambil nasi seuprit, sayur dengan kuah yg banyak, lauk seuprit. bahkan pas lagi makan, banyak pelatih yang nyindir "ko, sedikit sih de makannya, katanya lapeer??" eughh, males banget deh. pengen gw bales 'kita udah kenyang pa liat muka bapa' tapi gw urungkan niat itu sebelum gw disuruh bersihin 1 barak semaleman. haha.

setelah makan malam, kita kembali ke barak. tentunya sambil bernyanyi lagu2 kebangsaan. acara selanjutnya ya ngelanjutin acara sebelumnya. kyk cukur buat pa pelatih renang yang tadi, tes kesehatan bagi yang belum, pas foto bagi yang belum, dll. kegiatan gw waktu itu tinggal foto. dan itu ga tau kapan karena nunggu dipanggil kelompoknya. nanti juga dikasih tau ko. gw baraknya di barak satria 3. anggota tim softball yang sebarak sama gw itu ada t wida, t upid, sama t puri. 12 orang lainnya ada atlet atletik ka sera, sama tri. ada atlet dayung ka ratna, yolana, ka masripah. ada atlet sepatu roda ka viky. ada atlet ski air ka wiwin. ada atlet taekwondo ka vera. dan masih banyak yang lain. waktu nunggu giliran foto semuanya banyak yang ngantuk. karena takut ada peluit tiba2, gw tidur udah ready to go. seragam loreng plus sepatu pdl udah gw pake pas tidur. pokonya kalau ada peluit, tinggal lari keluar deh, ga usah babibu lagi. akhirnya tertidur lah beberapa dari kita. setiap ada derap pdl diluar gw bangun dan kaget. takutnya giliran foto gw dimulai. setiap bangun dengan kaget gt pasti yang masih terjaga cuma ka vera. setiap ada yng bangun kaget dia selalu ngasih tau "belom ko belom" sambil memberikan isyarat tangan buat tidur lagi. dan tidur lagi lah kita. baek banget emang ka vera. waktu itu waktu udah menunjukkan pukul 10 malam, dan sesi foto giliran kelompok gw baru dipanggil. padahal gw itu kelompok 5A gimana yang kelompok 5C coba, kapan potonya? tengah malem. poto lah kita. kelompok gw tuh ada mas annas yang basicnya polisi dia atlet menembak, ada ka salam atlet dayung, dan yang lain. pokonya kita ber 19 kalau ga salah mah. abis poto gw kembali ke barak gw dan tidur sambil terjaga (gimana tuh, ya bayangin aja). soalnya waktu itu kuping gw sensitif sama suara peluit dan pdl yg berderap. bayangannya ya harus siap siaga terus. setelah tidur agak lelap. suara peluit kembali ngebangunin gw secara ga sopan.eughhh.... langsung lari deh ke luar barak dan baris. dan pergi ke lapangan hitam. lebih tepat disebut lapangan gelap, udah jam 11 malem lebih waktu itu. hoshh...

Di lapangan hitam  kita di suruh geladi untuk upacara pembukaan gelombang 6 besok. yaitu tanggal 25 Januari 2011. Astagfirullah 1 hari aja belum men disini!. sebelum ke materi geladi ada seorang pelatih yang nantinya kita kenal bernama pa wahyu. umurnya sekitar 20an akhir lah tapi gayanya udah kharismatik layaknya jendral. mungkin pengaruh militer memang gitu. semuanya terlihat kharismatik. kata-kata yang paling aku ingat dari beliau adalah "gelora! gelora! dan gelora!" atau "no excuse no discuss". mirip obama banget deh. beliau malam itu mengajarkan berbagai macam yel yel, dan teriakan-teriakan heroik. pokonya kalau sekarang ada yang nanya kita "siapa kita?!" dengan lantang harus kita jawab "prima! prima! indonesia juara! yess!!" dengan kepalan tangan ke depan bergantian. lalu geladi lah kita semalaman. anehnya apapun yang kita lakukan semuanya salah. push up lagi, push up lagi. sampai jam 1 malam baru dipersilahkan kembali ke barak masing2. sebelum bubar, pelatih mengumumkan kegiatan besok. jam set 4 subuh haru sudah bangun. jam 4 beres-beres barak. jam set 5 senam pagi. jam 5 ibadah dan mandi, jam set 6 kumpul di depan barak untuk sarapan pagi. dan akan seperti itulah rutinitas 2 minggu kedepan. tidur tengah malam bangun jam set 4. itu kalau lagi mujur.

Comments

  1. Seru banget kaaaa. Dulu aku yang diklat dua malem ajaa, nyampe rumah langsung tidur sehariann. Recharge tenaga bangett. Apalagi yang 2 minggu cobaaa. Tapi kalo udah ngga ngerasain lagii tuh pasti kangen bangettt. Huhu

    ReplyDelete
  2. Seruuu n kocak bgt siihh! Wkwk btw aku jg pernah ngerasain kayak gitu, namanya Bela Negara untuk siswa/i SMA Sederajat, tapi mungkin masih ringan sih binaannya secara anak sekolahan wkwkwk.

    ReplyDelete

Post a Comment